Kepengurusan

MAJELIS ADAT BUDAYA KERATON NUSANTARA

Mukadimah

    LOGO Madukara

    Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan atas dasar keinginan yang luhur, maka para pewaris keraton, kesultanan, kedatuan, puri, dan para pegiat kebudayaan atau yang setara bertekad menyatukan jiwa dan raga dalam wadah Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara di singkat MADUKARA.

    Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki berbagai macam suku bangsa, bahasa, adat istiadat atau yang sering kita sebut kebudayaan. Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Budaya.Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kebudayaan daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan yang lebih luas, yang biasa kita sebut dengan kebudayaan Nasional.

    Atas dasar itulah segala macam bentuk dan aneka kebudayaan daerah akan sangat berpengaruh terhadap budaya nasional, begitu pula sebaliknya kebudayaan nasional yang bersumber dari kebudayaan daerah, akan sangat berpengaruh pula terhadap kebudayaan daerah / kebudayaan lokal. Inilah yang yang dinamai sebagai Kearifan Universal Nusantara.
    Keanekaragaman budaya, adat istiadat, tradisi dan paugeran keraton di seluruh Nusantara sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu yang senantiasa tumbuh dan berkembang menjadi sejarah peradaban Bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur, gotong-royong, menghargai dan menghormati antar sesama, saling asah Asih asuh, melekat menjaga kemartabatan yang senantiasa dijunjung tinggi dalam perilaku kehidupan, dalam rangka mempertahankan jatidiri bangsa Indonesia guna menjaga keberlanjutan NKRI.

    Kebudayaan merupakan suatu kekayaan yang sangat bernilai karena selain merupakan ciri khas dari suatu daerah juga menggambarkan dari kepribadian suatu bangsa. Oleh karena itu mempertahankan dan mengembangkan kearifan lokal sangat dibutuhkan dalam rangka membangun kebudayaan nasional yang bisa diterima seluruh komponen bangsa Indonesia yang berguna sebagai alat pemersatu Bangsa Indonesia. Untuk itu setiap warga negara wajib turut berpartisipasi dalam membangun budaya nasional.

    Atas dasar hal-hal tersebut, maka MAJELIS ADAT BUDAYA KERATON NUSANTARA (MADUKARA) dalam program-program kerja dan realisasinya akan melaksanakan program-program pelestarian adat istiadat dan kebudayaan bangsa yang ditujukan kearah pemenuhan hak-hak asasi manusia, memajukan peradaban, persatuan dan kesatuan serta kesejahteraan bangsa Indonesia.